Meneladani Kristus

Kolose 3:12-17

… segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus ….
Kol. 3:17) 

Bapa Agustinus (354-430) pernah mengatakan, “Milikilah kasih maka kamu dapat melakukan apa saja.” Tentu yang dimaksudkan oleh Bapa Agustinus adalah kasih Kristus. Bila kita memiliki kasih Kristus pasti semua yang kita lakukan adalah kebaikan.

Jauh sebelum Bapa Agustinus mengatakan hal di atas, Rasul Paulus mengucapkan hal yang senada, katanya, “Segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus …” (ay.17). Artinya, semua yang kita katakan dan lakukan harus sesuai dengan apa yang Yesus harapkan. Yesuslah yang menjadi tolok ukur dari semua yang dilakukan orang percaya. Hal ini dikemukakan Paulus ketika ia menjelaskan tentang manusia baru. Sebagai manusia baru yang dipilih Allah, mereka harus meninggalkan cara hidup lama yang berlawanan dengan kehendak Allah dan kemudian segera menjalani hidup dalam nilai-nilai baru yang sesuai dengan firman Tuhan.

Rasul Paulus dan Bapa Agustinus hendak mengajak kita agar menjadikan Yesus sebagai tolok ukur dalam hidup. Bila Yesus yang menjadi tolok ukur, maka semua yang kita katakan dan lakukan mesti berpadanan dengan apa yang Tuhan kehendaki. Bagaimana Yesus memandang orang lain dan segala sesuatu, begitulah mestinya kita memandang mereka dan keadaan yang kita alami. Ia datang membawa selamat, maka kita pun datang meneruskan kabar keselamatan yang dari-Nya.

 

 

REFLEKSI:
Memberlakukan apa yang diberlakukan Yesus.
Mzm. 145:10-18; 2Raj. 3:4-20; Kol. 3:12-17

 

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/wasiat/