Mengapa Harus Sekolah Formal?

MENGAPA HARUS SEKOLAH FORMAL?

 Tahukah kamu kenapa kita harus menempuh pendidikan di sekolah formal?.  Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus tahu terlebih dahulu di era apakah kamu saat ini dan saat kamu lulus nanti?

Saat ini kita berada di era digital dan persaingan bebas.  Era digital memberikan kita kemudahan akan segala hal,apapun kebutuhan kamu dari sejak bangun pagi sampai dengan tidur malam hari semuanya dapat dipenuhi lewat aplikasi digital.  Selain itu era digital juga memberikan informasi secara berlimpah, bahkan kamu dapat mengerjakan PR hanya dengan mengetik soal di mesin pencari.  Luar biasa, hebatnya era digital. Kehebatan era digital ini, dapat membuat kita malas berpikir dan bergerak, semuanya ada tinggal “klik” saja.  Nah, malas ini lama-kelamaan akan merusak pikiran kreatif kita, efeknya kita menjadi tidak punya daya saing di era persaingan global.

Era persaingan global, menuntut kita mempunyai kemampuan : kreatif, berpikir kritis, kerjasama dan berkomunikasi. Keunggulan individu kita, akan diuji dengan 4 kompetensi di atas.  Siapkah kita? Kita harus siap, kenapa? Supaya kita mempunyai masa depan yang cerah, bukan hanya secara ekonomi, tetapi membuat kita berguna minimal untuk orang-orang di sekitar kita.   Bagaimana caranya kita memenangkan persaingan ini? Maka kita harus bersekolah

Banyak ragam sekolah ditawarkan, tetapi sekolah yang bagaimana untuk memenangkan persaingan global? Sekolah formal jawabannya. Kenapa harus sekolah formal? Sebab , sekolah formal membentuk kita :

  1. Berkarakter : melalui nilai-nilai dan aturan-aturan sekolah, kita dibiasakan untuk mempunyai kejujuran, saling membantu sesama dan berani karena nilai-nilai kebenaran. Ini sangat penting, era persaingan menuntut kita dapat dipercaya, siapa yang memperoleh kepercayaan dialah pemenang kehidupan.
  2. Tangguh : melalui pengaturan jam belajar yang ketat dan kurikulum yang ada, membuat kita terbiasa mengikuti aturan (disiplin) dan terbiasa dengan tugas-tugas sekolah. Kebiasaan ini disadari atau tidak disadari membuat kita tangguh (tough), sehingga saat kita menghadapi masalah kita tidak kalah tetapi mampu menyelesaikan masalah tersebut.
  3. Kritis dan Kompetitif : melalui proses belajar yang terarah dan terukur, maka kita dibiasakan untuk berpikir dan bersaing, kebiasaan ini membuat kita mampu menghasilkan ide-ide kreatif untuk menjwab berbagai persoalan
  4. Bekerjasama dan Komunikasi : Melalui pembelajaran kelas, kita diajak untuk berinteraksi dengan teman-teman kita, ini akan membiasakan kita membangun jejaring (networking), bernegosiasi dan kemampuan mengkomunikasikan ide-ide yang dapat mempengaruhi orang lain.
  5. Pengembangan kreativitas : melalui kegiatan pembelajaran di kelas dan ekstrakurikuler, kita akan terbiasa mengasah kreativitas, ini sangat penting sebab pemenang persaingan adalah siapa yang kreatif

Pilihan di tangan kita, jika anda ingin mempunyai masa depan yang baik, mulailah untuk memilih sekolah yang baik.  Tidak ada kemenangan tanpa usaha keras. Selamat memperoleh masa depan yang gemilang.

Boanerges Tiberias, M.Si.
Kepalas SMAK 2 PENABUR Jakarta