Sudah Dibayar 30 Tahun Yang Lalu

Sudah Dibayar 30 Tahun Yang Lalu

Seorang anak akan melakukan apapun demi melindungi orangtuanya. Hal inilah yang dilakukan bocah laki-laki asal Thailand. Ia terpaksa mencuri obat untuk ibunya di sebuat apotik. Aksi yang tak pantas mendapat pujian dan mengharukan itu diketahui oleh pemiliki toko. Cacian dan makian dari pemilik apotik pada si anak sontak mencuri perhatian orang-orang di sekitar.

Seorang tukang sup yang melerai menanyakan, “ibumu sakit?”. Si anak hanya bisa mengangguk malu dan ketakutan. Si tukang sup yang baik hati membayarkan uang untuk obat yang dicuri. Tidak sampai disana, si tukang sup masih memberikan sebungkus sup untuk dia bawa pulang.

30 tahun berlalu, si tukang sup masih sama saja. Selalu memberikan makan kepada pengemis. Sayang si penjual sup ternyata sakit bahkan sampai koma. Si anak perempuannya membawa ke rumah sakit. Untuk mengobati ayahnya di rumah sakit, dia harus membayar biaya 792.000 bath.

Bagaimana dia harus membayar, mata pencaharian bersama sang ayah berhenti karena si ayah sakit. Dia menemui dokter untuk membicarakan masalah pengobatan, akhirnya putri tukang sup memutuskan untuk menjual rumahnya bagi biaya berobat sang ayah. Betapa terkejutnya, saat terbangun dari tidur ia mendapati sebuah surat tagihan rumah sakit dan tertulis semua tagihan 0. Hanya ada pesan dibawahnya, “semua biaya sudah dibayar lunas 30 tahun lalu, semua tak bisa tertandingi dengan peristiwa 30 tahun lalu :)”.

Si putri tukang sup mulai mengingat apa yang terjadi 30 tahun lalu. Rupanya si anak kecil telah tumbuh besar menjadi seorang dokter. Ia ingin membalas budi pada bapak penjual sup yang telah menolongnya 30 tahun yang lalu.

Kita tidak pernah tahu jika kebaikan kecil yang pernah kita lakukan ternyata merupakan sebuah “proses” untuk merubah kehidupan orang lain untuk menjadi lebih baik di masa depan. Kita tidak pernah tahu apa manfaat kebaikan kecil yang kita berikan pada orang lain karena kita hanyalah manusia biasa yang hanya belajar dari “proses” kehidupan.

Sudahkah kita memberikan kebaikan kecil pada orang lain hari ini?

Sumber: http://vleopos.blogspot.co.id/2014/11/balas-kebaikan-atas-peristiwa-30-tahun.html

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better