SETIA DALAM PERKARA KECIL

Hey, teens, tahukah kamu saat ini jaman apa??? Mungkin kamu akan bilang saat ini jaman digital, atau kamu juga akan bilang saat ini jaman medsos dan lain sebagainya.  Kamu tidak salah, memang saat ini jaman digital dan medsos, hampir tidak ada seorang remajapun di Jakarta saat ini yang tidak familiar dengan aplikasi android.  Bahkan mencari pacarpun bisa melalui aplikasi ini. Belajar di kelas akan kurang menarik tanpa aplikasi android. Pertanyaannya, apakah semua problem kehidupan, bisa kita selesaikan dengan android atau googling?? Renungkanlah kisah ini :

Pada tahun 155 M, hiduplah seorang Uskup di kota Smyrna yang bernama, Polycarpus. Sebelum dibakar hidup-hidup karena tidak mau mengingkari imannya. Polycarpus dibawa menghadap seorang perwira Romawi.

Kata perwira itu: “Kutukilah Kristus, maka engkau boleh pergi dengan bebas”

Tetapi Polycarpus menjawab: “Selama 86 tahun aku berbakti kepada Kristus dan selama itu belum pernah Dia mengecewakan aku. Bagaimana aku dapat mengutuki Raja yang menyelamatkan aku?”

“Kalau begitu akan kulemparkan engkau menjadi mangsa binatang- binatang buas!”sahut perwira itu dengan geram.

“Panggillah binatang-binatang itu!” jawab Polycarpus

“Kalau engkau tidak takut kepada binatang buas, akan kuperintahkan engkau dibakar.” Polycarpus menjawab dengan tenang, “Api menyala hanya satu jam, kamu tidak tahu api yang menyala selama-lamanya di neraka, bagi orang-orang yang tidak percaya akan Kristus.”

Polycarpus akhirnya diikat di sebuah tiang gantungan, maka dinyalakanlah api di sekitar tiang tempat Polycarpus yang tua itu. Dengan tenang dan penuh iman, Polycarpus berdoa dan memuji Tuhan selama api menjilat-jilat dan membakarnya sampai akhirnya ia mati. Polycarpus telah menunjukkan kesetiaannya dalam melayani dan mengikut Tuhan sampai akhir hidupnya.

 

Apakah teladan kisah Polycarpus bagi kehidupan kita sebagai remaja yang bersekolah?? di sekolah pastinya kamu banyak tugas dan ulangan bukan??kita akan selalu bertanya “apakah manfaat tugas dan ulangan ini??bikin repot, padahal saya kan nanti tidak mau jadi ilmuwan, tapi mau berwiraswasta…itulah alasan yang sering kita lontarkan. Kondisi ini menyebabkan kita mencari jalan pintas, terutama saat guru memberikan tugas…waah cari saja di uncle google pasti semuanya ada? Apakah salah dengan hal itu? Tentu saja tidak, tapi kalau motivasi kita untuk mencari jalan pintas atas masalah belajar kita, tentu itu bukan cara yang terbaik.

Teladan Polycarpus memberikan inspirasi bagi kita untuk setia terhadap perkara-perkara kecil, dimulai dengan membuat tugas-tugas, PR dengan rajin, maka lama-kelamaan habit ketekunan dan keuletan kita akan terbentuk, sehingga kita akan terbentuk menjadi pribadi yang tangguh (tough) dan setia dalam menghadapi tantangan hidup di jaman digital ini.  Selamat memasuki kesetiaan dalam belajar wahai students jaman now…Tuhan Yesus menyertai kita.

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better